Fermentasi Kedelai

  • suatu saat saya pernah memfermentasi kulit kedelai, namanya juga percobaan saya ambil waktu itu Sisa-sisa makanan sapi yang ada dibawah, dengan mempertimbangkan HEMAT.
  • keadaan Kedelai saat itu:
  • terlalu basah (kandungan air +- 80% padahal standartnya 60% ). dengan alasan Coba coba tetap aja kami lakukan proses. kulit kedela diletakkan secara tertutup dengan memakai media kresek.
  • komposisi bahan
  1. Kulit kedelai yg terlalu basah
  2. Kulit kopi
  3. Tetes sPekat
  • setelah proses diatas dilalui, maka media ditutup dan diletakkan ditempat yg aman
  • hasilnya (21 hari sejak masa penyimpanan) :
  • kulit dibuka dan dibau menurut saya kurang bagus
  1. krn baunya gak enak
  2. keadaan media terlalu basah.
  • namun anehnya setelah dicoba diberikan pada sapi perah. ternyata makanan tersebut disukai oleh sapi kendati baunya kurang enak, menurut saya. ya !! ini adalah sebuah pengalaman uyg wajib saya syukuri, dan semoga bermanfaat.
  • Home : 10-agt-2010 selasa