Cara Membuat Rencana Harian

Cara Membuat Rencana Harian

karena menarik menurut hati, artikel ini aku kopas saja ke Blog ini. semoga berguna terutama untukku dan yang lain…???.  sometime merencanakan lebih dahulu dan mengerjakan kemudian itu baik…( hehe bukan sam time aja)
2008
11.17

Bahan – bahan yang dibutuhkan.

1. Selembar kertas A4
2. Buku Agenda Standard 2010
3. Pulpen
4. Niat / kemauan.Waktu Pembuatan:
20 menit – 30 menit.Cara membuatnya…

1. Bagi kertas ke dalam dua bagian vertikal. Dengan pulpen, tarik sebuah garis dari atas ke bawah tepat ditengah-tengah kertas. Tulis pada bagian kiri atas “kegiatan”. Dan pada kolom kanan, tulis judul “delegasi kepada”.

2. Tulis semua hal yang ingin Anda capai hari ini! Tulis terus, jangan dipikirkan, jangan berhenti menulis! Tulis semua yang terlintas dalam benak Anda. Walaupun pikiran Anda buntu, paksakan untuk menulis. Dengan memaksakan diri, Anda mengali sasaran-sasaran yang tersimpan dalam otak bawah sadar Anda. Tulis minimal 20 sasaran !

3. Setelah mendapatkan semua sasaran, tetapkanlah kegiatan kunci. Kegiatan kunci adalah kegiatan yang bila dilakukan akan membawa dampak luarbiasa pada bisnis / karir Anda. Itu tugas prioritas Anda pada hari ini.

4. Pikirkan apakah Anda harus melakukan tugas tersebut atau lebih baik mendelegasikannya! Delegasikan semua tugas yang dapat Anda delegasikan. Tuliskan nama staf penerima deligasi Anda pada kolom sebelah kanan, hasil apa yang diharapkan dan kapan staf Anda harus melapor kepada Anda. Catat topik, hari dan jam pelaporan, entah minggu depan atau bulan depan, pada buku Agenda Standard 2010 Anda.

5. Sekarang, untuk tugas-tugas yang harus Anda kerjakan sendiri. Tetapkan prioritas! Tulis kapan Anda mau melakukan apa dan jam berapa harus diselesaikan. Catat prioritas kegiatan tersebut pada buku Agenda Anda, sesuai dengan jamnya. Bila rencana tersebut untuk bulan depan, catat kegiatan tersebut pada tanggal di bulan depan pada buku Agenda Anda.

6. Perencanaan selesai. Hal berikut yang perlu Anda lakukan adalah action, action dan action! Selalu mengacu pada rencana yang telah Anda buat! Lihatlah buku Agenda Anda! Berdisiplinlah dalam melaksanakan rencana Anda. Melaksanakan tugas mungkin tidak mengenakan, tetapi ini perlu dan penting untuk Anda.

7. Langkah terakhir; Evaluasi. Langkah ini adalah langkah terpenting dari sebuah rencana. Banyak orang tidak melakukannya karena malas atau malu untuk melihat kinerjanya! Lakukan evaluasi pada sore hari. Jujurlah pada diri sendiri, apa yang telah tercapai, dan apa yang gagal. Ambilah pelajaran dari sana dan buatlah rencana perbaikan untuk hari esok. Jika Anda sanggup memperbaiki diri Anda setiap hari, bayangkan dasyatnya perkembangan bisnis / karir Anda hanya dalam waktu tiga bulan.

“Banyak orang tidak melihat kesalahannya, bahkan setelah bertahun-tahun waktu berlalu.
Bayangkan, bila ada seseorang yang bisa memperbaiki dirinya setiap hari ..
Dapatkah Anda merasakan dahsyatnya perkembangan orang tersebut!”
(Johny Rusly)
Fail to plan is plan to fail …
Gagal dalam merencanakan adalah merencanakan untuk gagal.
Rencanakan keberhasilan Anda dengan Buku Agenda Standard 2009.
Sampai bertemu di puncak!
See you at the top!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s