Herbal Mineral Blok

Kualitas dan kuantitas pakan sangat mempengaruhi proses fermentasi pakan dalam rumen.  Pada ternak ruminansia, pasokan nutrisi lebih banyak bergantung pada mikroba rumen dan produk fermentasinya. Pola peternakan rakyat yang masih mengandalkan rumput lapang sebagai pakan utama sering menyebabkan ternak kekurangan nutrien seperti energi, protein dan nmineral.  Hal ini dapat  menganggu keseimbangan mikroba rumen.  Oleh karena itu perlu adanya manipulasi kondisi rumen sehingga proses fermentasi dalam rumen dapat berjalan optimal.

Teknik manipulasi bisa dilakukan dengan memberikan suplemen dalam bentuk blok yang dijilati ternak.  Pada saat menjilat, sapi akan mengeluarkan air liur yang efektif sebagai buffer untuk menstabilkan pH rumen.   Selain itu bahan-bahan yang terdapat pada suplemen blok dapat dijadikan tambahan zat nutrisi dan mineral sehingga diharapkan dapat meningkatkan produksi. HMB merupakan pakan tambahan untuk ternak ruminansia (sapi perah, sapi potong, kerbau, kambing atau domba) yang tujuan pemanfaatannya untuk memenuhi kebutuhan mineral terbagi ternak yang diperkaya dengan bahan herbal untuk meningkatkan kesehatan ternak.

Komposisi HMB

HMB dibuat dari beberapa  bahan pakan yang biasa dikonsumsi ternak ruminansia antara lain  molases, pollard,  urea, kapur, garam dan campuran mineral mikro serta kunyit sebagai bahan herbal.

 

Alat yang diperlukan

Tempat campuran (adonan), Masker, Pengaduk, Kaos tangan (dari karet), Alat press untuk mencetak HMB.

Cara pembuatan

1.   Mineral mix, urea,dan garam dicampur sampai merata

2.   Kemudian ditambahkan pollard dan molasses lalu diaduk sampai merata

3.   Terakhir masukkan kapur dan secepatnya diaduk supaya tidak menggumpal.

4.   Kemudian cetak dengan alat press sampai pakan blok benar-benar padat.

5.   Hasil cetakan dikeringanginkan

  

Teknik Pemberian

Pemberian HMB untuk dikonsumsi ternak dengan cara digantung di kandang sejajar dengan kepala sapi dan diusahakan agar dapat dijilati/dijangkau oleh ternak. Pemberian HMB diperkirakan 100 g/ekor/hari (HMB 3 kg habis dijilati ternak sapi selama 30 hari).
(Sri Suharti)

Informasi lebih lanjut :

Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan

Fakultas Peternakan IPB

Telp : 0251-8626213


Sumber : http://web.ipb.ac.id/~intp/index.php?option=com_content&view=article&id=103%3Aherbal-mineral-block-hmb&catid=13%3Apengolahan-dan-teknologi-pakan&Itemid=1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s