10 Tempat Misterius

di Copas dari  http://www.tahupedia.com/content/show/297/10-Tempat-Paling-Misterius-di-Dunia

Walaupun ilmu pengetahuan telah menjelaskan hampir dapat menjelaskan semua hal di planet ini, tidak berarti semua misteri dunia dapat dijelaskan. Ada beberapa hal yang tidak dapat dijelaskan seperti tempat-tempat misterius di dunia berikut ini. Berikut 10 Tempat paling misterius yang ada di dunia.

Piramida Giza? Stonehenge? Kita tidak akan membicarakan hal-hal membosankan yang telah sering kita dengar ini. Walaupun memang tempat itu merupakan tempat misterius yang sering kita dengar, tapi tentu akan lebih menarik jika kita melihat tempat misterius yang jarang kita dengar.

10. Danau Vostok, Antartika

Vostok Lake, Antartika

Danau Vostok merupakan sebuah danau es terbesar di Antartika yang terletak di Kutub Selatan dekat Pos penelitian Rusia. Tidak ada yang tahu secara pasti apa yang ada di bawah danau es yang besar ini, penggalian terakhir menunjukkan bahwa ada lebih dari 3,500 bentuk kehidupan berbeda yang terisolasi di bawah es raksasa ini. Danau vostok ini berisikan lingkungan yang telah ada selama jutaan tahun dan kita tahu bahwa dinginnya es pada tempat itu dapat mengabadikan berbagai macam kehidupan yang telah ada sejak jutaan tahun tersebut.

Kepala Peneliti Rusia, Sergey Bulat, mengatakan bahwa berdasarkan penelitiannya maka oksigen di bawah sana melebihi 10 sampai 20 kali planet kita, bentuk kehidupan apapun yang ada dapat ditemukan di bawah sana akan benar-benar unik bagi planet ini. Pihak rusia berencana akan melakukan penggalian mendalam ke Danau Vostok ini dalam waktu dekat.

9. Easter Island, Chile

Moai at Easter Island, Chile

Pulau Paskah atau Easter Island merupakan pulau di Chile yang juga merupakan salah satu pulau dengan penghuni terdikit di dunia. Di pulau ini terletak salah satu misteri dunia yang terkenal, yakni patung Moai. 

Pada awalnya diperkirakan bahwa patung ini hanya terdri dari kepala saja, akan tetapi melalui penggalian mendalam diketahui bahwa mereka juga ternyata memiliki badan hanya saja yang berada di luar dan terlihat oleh kita adalah kepala mereka. Tidak diketahui apa tujuan jelas patung ini dibuat, bagaimana patung besar ini dibawa, dan bagaimana hanya bagian kepala mereka saja yang berada di luar tanah untuk semua patung ini, selain itu pada patung ini juga ada tulisan hieroglyph yang tidak dapat diartikan. Bertanya ke penduduk lokal-pun tidak banyak membantu karena mereka juga tidak mengerti mengapa ada patung Moai di pulau mereka.

8. Point Pleasant, West Virginia, US

Bridge at Point Pleasant, West Virginia

Anda pernah mendengar mahluk misterius Mothman? Mothman adalah mahluk misterius yang dideskripsikan memiliki sayap besar seperti sayap ngengat atau kelelawar, dimana pada dadanya terdapat kedua mata merah dan menyerupai manusia bewarna kecoklatan. Pada tempat inilah mahluk mengerikan ini terlihat yaitu Point Pleasant, West Virginia, US.

Banyak sekali asumsi di balik mahluk mengerikan ini, dimulai dari sebuah mutan hingga ketidakpercayaan yang mengatakan orang-orang di tempat ini terlalu takut dengan burung hantu sampai mereka berimajinasi akan mahluk ini. Laporan-laporan akan Mothman berhenti setelah sebuah jembatan yang menghubungkan Point Pleasant dengan Gallipolis roboh dan mengambil nyawa 46 orang. Banyak orang yang menghubungkan kedua insiden ini. Selain itu tempat ini juga memiliki laporan lain mengenai penampakan UFO, dan orang-orang menyerupai “Men In Black” yang berusaha mendapatkan informasi mengenai kejadian paranormal.

7. Richat Structure, Mauritania

Richat Structure, Mauritania

Dikenal juga dengan nama “Eye of the Sahara”, merupakan sebuah bentuk geografis pada gurun Sahara yang benar-benar membentuk sebuah lingkaran dengan bentuk yang unik, bahkan jarak antara setiap lingkarannya sangatlah teratur. Jika kita berada di sana, maka kita tidak akan menyadarinya namun jika dilihat di secara geografis dari atas maka akan menyerupai sebuah mata biru besar di tanah.

Pada awalnya diperkirakan merupakan hasil dari benturan asteroid, kemudian ada asumsi lain yang mengatakan berasal dari letusan gunung berapi, tidak lama asumsi lain muncul lagi mengatakan ini merupakan formasi batu yang perlahan-lahan terkikis. Tidak ada yang tahu kepastiannya dan beberapa misteri lain masih mengitari tempat ini, seperti bagaimana bisa ia membentuk lingkaran dan mengapa setiap lingkarannya memiliki jarak yang teratur. Bahkan ada teori unik yang mengatakan bahwa tempat ini merupakan tempat menara Babel dibangun dan lingkaran tersebut merupakan fondasi dari menara Babel tersebut setelah dihancurkan.

6. Danau Anjikuni, Kanada

People at Anjikuni Lake, Canada

Danau Anjikuni atau Angikuni merupakan tempat dimana kasus yang benar-benar misterius terjadi. Dimulai saat seorang Trapper (orang yang menangkap binatang menggunakan jebakan) bernama Joe Labelle mencari tempat bermalam. Labelle mengetahui bahwa di sekitar tempatnya ada Desa Inuit yang memiliki populasi sekitar 30-2000, ia kemudian pergi kesana untuk melihat kejadian yang membingungkan, tidak ada satu orang-pun ada di desa tersebut. Yang ada hanyalah makanan dan perlengkapan berburu yang telah ditinggalkan.

Labelle kemudian memberitahukan pihak berwajib dan investigasi-pun mulai dilakukan. Di kuburan desa tersebut, ada satu makam yang telah dibuka dan dikosongkan. Kemudian, sekitar 90 meter dari desa tersebut, ditemukan bangkai dari anjing untuk kereta luncur sebanyak 7 ekor, yang mati karena kelaparan padahal banyak makanan di desa tersebut. Jadi apakah yang benar-benar terjadi? Banyak sekali teori di belakang kasus ini, dimulai dari alien, hantu, hingga vampir. Tapi tidak ada yang tahu kepastiannya.

5. Sailing Stones, Death Valley, US

Sailing Stone at Death Valley, US

Pada Death Valley, California, US, ada sebuah fenomena dimana sebuah batu dapat bergerak dalam jarak yang relatif jauh untuk sebuah batu, dimana seiring mereka bergerak batu-batu ini akan meninggalkan jejak perjalanannya, fenomena ini sendiri dikenal dengan nama Sailing Stones atau Sliding Rocks. Batu ini bergerak dalam jarak pendek yang bertahap dan akan dapat bergerak ke jarak yang jauh dalam 2 atau 5 tahun.

Bagaimana batu ini dapat bergerak belum diketahui secara pasti hingga sekarang dan masih merupakan subjek dari penelitian. Penemuan terakhir mengatakan bahwa di kondisi yang dingin, air dan es akan terbentuk dan membuat batu ini bergeser sedikit sambil meninggalkan jejak karena beratnya. Walaupun begitu kita tahu bahwa orang-orang senang sekali dengan misteri dan banyak orang yang tidak percaya akan penjelasan ini hingga ada bukti nyatanya.

4. Yonaguni-Jima, Jepang

Monument Yonaguni at Japan

Masuk dalam artikel “10 Reruntuhan Bawah Laut yang Paling Mengagumkan,” Monumen Yonaguni atau Yonaguni-Jima juga merupakan salah satu tempat paling misterius di dunia sama halnya dengan Piramida di Giza.

Merupakan formasi batu bawah laut yang menyerupai piramid raksasa dan dikatakan telah ada sejak 2000 hingga 3000 tahun yang lalu, bahkan sumber lain mengatakan telah ada sejak 8000 tahun yang lalu. Padahal kita tahu bahwa jika ia memang dibangun pada masa tersebut, tentu alat untuk membangunnya belum akan ada. Lalu bagaimana formasi batu raksasa menyerupai piramida bawah laut ini bisa ada di sana?

3. Belmez De La Moraleda, Spanyol

Belmez Face at Belmez De La Moraleda, Spain
Gambar perbandingan bayangan yang muncul (kiri) dengan muka manusia asli (kanan)

Tempat misterius ini tepatnya terjadi pada tahun 1971 di rumah pruibadi milik Maria Pereira. Bayang-bayang muka anak kecil atau muka orang akan muncul di berbagai tempat lantai rumah ini dan sebagaimana-pun Maria membersihkannya, bayang-bayang lain akan muncul kembali.

Rumah ini kemudian ditutup dan lantai-lantainya dirombak ulang, akan tetapi bayang-bayang uka yang disebut “Faces of Belmez” atau “Belmez Faces” ini dikatakan terus muncul kembali. Penyelidikan mendalam menemukan bahwa rumah ini dibangun di atas berbagai macam pemakaman di masa lalu. Beberapa mengatakan bahwa ini hanyalah sebuah tindakan atau cerita palsu dari si pemilik rumah.

2. The Devil’s Sea, Samudra Pasifik, Jepang

The Devil's Sea at Pacific Ocean near Japan

The Devil’s Sea atau Dragon’s Triangle adalah sebuah daerah di Samudra Pasifik yang terletak di Jepang dan dikatakan merupakan kembaran dari Segitiga Bermuda. Kejadian-kejadian dengan kembarannya ini sering terjadi seperti keanehan magnetis, objek dan cahaya yang tidak dapat dijelaskan, dan objek-objek yang hilang secara misterius. Bahkan tempat ini dikategorikan pihak berwajib Jepang sebagai wilayah yang berbahaya.

Salah satu cerita adalah pemerintah Jepang memerintahkan kapal penelitian, Kaio Maru No. 5, untuk menyelidiki Devil’s Sea, akan tetapi kapal tersebut dengan 31 krunya tidak pernah terlihat lagi. Kisah lain mengatakan tentara Kublai Khan yang berusaha menyerang Jepang dengan melewati Devil’s Sea hilang secara misterius, padahal dikatakan jumlahnya mencapai 40 ribu orang.

1. Segitiga Bermuda, Samudra Atlantik

Bermuda Triangle Map at Atlantic Ocean

Beberapa dari Anda pasti sudah menduga bahwa Segitiga bermuda akan masuk ke dalam daftar ini. Tentu saja, daftar tempat misterius tidak akan lengkap tanpanya adanya segitiga bermuda. Sama halnya pada artikel “10 Misteri Dunia yang Belum Terpecahkan Hingga Sekarang Ini,” Segitiga bermuda adalah sebuah daerah di Samudra Atlantik dekat Miami, Bermuda dan San Juan, yang terkenal sebagai tempat dimana berbagai kejadian misterius terjadi.

Kejadian-kejadian misterius ini mencakup pesawat, kapal hingga orang yang tiba-tiba hilang secara misterius. Tidak ada yang tahu secara pasti apa penyebab kejadian ini, ada berbagai asumsi seperti medan magnet yang tidak stabil, gas metana, gelombang arus, mahluk gaib, hingga kesalahan manusia itu sendiri. Yang mana yang benar? Biar Anda sendiri yang menyimpulkan.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s